Selasa, 12 Juni 2012

Candi Borobudur


Candi Borobudur yang dikelilingi pemandangan Bukit Menoreh

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan candi dikelilingi oleh Bukit Menoreh yang membentang dari timur ke barat. Nama Borobudur sendiri berasal dari kata boro dan budur. Boro berarti biara yang artinya kompleks candi atau asrama. Budur berasal dari kata bedudur yang berarti atas. Jadi, Borobudur dapat diartikan sebagakompleks candi yang terletak di atas bukit.

Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dari kerajaan Mataram Buddha pada tahun 824 Masehi. Pembangunan candi ini bertujuan untuk menghormati para pendiri Dinasti Syailendra, mengingat Samaratungga merupakan keturunan Dinasti Syailendra juga. Dalam perkembangannya, Candi Borobudur berfungsi sebagai bangunan suci umat Buddha. Perancang bangunan candi (arsitek) adalah Gunadharma.
Bangunan candi Borobudur berbentuk stupa raksasa. Bangunan ini mempunyai sepuluh tingkatan. Enam tingkat berbentuk persegi, tiga tingkat berbentuk bundar, satu tingkat paling atas berbentuk stupa induk. Secara garis besar, bangunan candi Borobudur dibagi menjadi tiga tingkatan :
  1. Bagian kaki (Kamadhatu)
  2. Bagian tengah (Rupadhatu)
  3. Bagian atas (Arupadhatu)
Candi Borobudur mempunyai 505 arca Buddha. Pada dindingnya terdapat relief sepanjang empat kilometer. Relief adalah gambar yang diukir pada dinding candi. Relief pada dinding candi Borobudur bercerita tentang kehidupan Sang Buddha Gautama.

Relief yang menggambarkan kelahiran Sang Buddha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar