Rabu, 13 Juni 2012

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini, terletak di daerah Prambanan, perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Oleh karena itu candi ini dinamai Prambanan. Disebut juga Candi Roro Jonggrang.
Candi Prambanan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Hindu. Dibangun pada masa raja Rakai Pikatan dan selesai pada masa pemerintahan raja Daksa.
Di dalam kompleks candi Prambanan terdapat banyak candi. Kompleks candi Prambanan dibagi menjadi tiga halaman atau pelataran berikut :
  1. Pelataran pertama. Merupakan halaman paling luar. Di pelataran ini tidak terdapat candi.
  2. Pelataran kedua. Merupakan halaman tengah. Terdapat  224 Candi Perwara, yaitu candi yang berukuran kecil.
  3. Pelataran ketiga. Merupakan halaman tempat candi induk berada. Pada pelataran ini terdapat Candi Syiwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Candi Syiwa adalah candi yang paling besar atau disebut juga candi induk.
Candi induk dan Candi kecil di Pelataran Candi  Prambanan

Di depan Candi Wisnu terdapat Candi Garuda. Di depan Candi Syiwa terdapat Candi Nandi, dan di depan Candi Brahma terdapat Candi Angsa. Dalam kepercayaan Hindu, Garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu, Nandi yang berupa lembu adalah kendaraan Dewa Syiwa, dan Angsa adalah kendaraan Dewa Brahma. 
Pada Candi Prambanan terdapat banyak relief. Pada Candi Syiwa terdapat relief yang menggambarkan cerita Ramayana. Pada Candi Brahma terdapat relief yang merupakan kelanjutan dari relief Candi Syiwa. Dan pada Candi Wisnu terdapat relief yang menggambarkan cerita Kresnayana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar